Selasa, 04 Oktober 2016

Tugas Manajemen Strategik- Analisis Perusahaan




PT. ASINDO GLOBAL
TOUR AND TRAVEL



Sejarah Perusahaan
            PT Asindo Global adalah perusahaan jasa Tour dan Travel, dengan motto "Our Tours & Travel Partner". Berdiri pada tahun 2008, yang dalam perjalanannya pada tahun 2012 telah di-waralaba/franchise-kan, dengan tujuan membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut berwirausaha dibidang kepariwisataan (Tour dan Travel).
            Saat ini, selain secara sistem yang telah diwaralaba-kan, PT Asindo Global juga melayani penjualan langsung tiket maskapai untuk domestik maupun internasional, penjualan paket-paket tour untuk domestik dan internasional baik perseorangan maupun group, penjualan tiket kereta api (KAI), pelayanan Umrah/Haji dan lain-lain.
            Dan untuk menghadapi persaingan pasar global dimasa mendatang, PT. Asindo Global akan terus ber-inovasi terhadap produk-produk dan layanannya seiring berkembangnya dunia kepariwisataan, serta menyesuaikan sistem operasional melalui penggunaan teknologi informasi yang modern.
            Dalam perkembangannya di wilayah Kota-kota besar maupun kota-kota kecil di seluruh indonesia, kami menerapkan sistem Franchise/Kemitraan bagi masyarakat Indonesia yang ingin bergabung atau membuka usaha Tour & Travel bersama Asindo Global. PT. Asindo Global menggunakan sistem online berbasis Web, yang mana Mitra kerja dapat melakukan berbagai transaksi penjualan yang telah disediakan oleh Asindo Global secara online dan real time. Semangat kami adalah kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang kami berikan.

Visi dan Misi PT. Asindo Global Tour and Travel

Visi :
Menjadi perusahaan Tour & Travel yang unggul dan terpercaya,yang terdepan baik secara Nasional maupun Internasional dengan selalu memberikan kepuasan layanan dan performa kinerja.
Misi :
1.       Memberikan layanan prima kepada seluruh Agen dan cabang sebagai Mitra/ Franchise yang berkualitas dan berstandar tinggi berupa kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan layanan.
2.       Meningkatkan nilai produk yang lebih unggul dan terpercaya serta tanggung jawab terhadap pelayanan pelanggan.
3.       Selalu berinovasi menciptakan hal-hal baru dalam persaingan perkembangan pasar sehingga kebutuhan pelanggan akan selalu terpenuhi.
4.       Membangun bisnis dengan seluruh Agen dan cabang mitra kerja/franchise untuk meraih kesuksesan bersama.
Tujuan
1.       Memberikan kepuasan bagi wisatawan yang menggunakan jasa Tour &Travel dengan memperkenalkan obyek pariwisata terdestinasi khususnya di Indonesia.
2.       Mengembangkan perusahaan agar lebih maju sebagai perusahaan jasa Tour & Travel yang berkembang dan memiliki banyak Mitra kerja/cabang di berbagai kota.
3.       Menjadi perusahaan jasa Tour & Travel sebagai pilihan utama dalam setiap perjalanan berpariwisata.
Sasaran
1.       Meningkatkan mutu sekaligus menjaga citra perusahaan dengan peningkatan mutu pelayanan, seperti menciptakan ide-ide promosi maupun mengadakan paket wisata menarik agar pelanggan tidak merasa jenuh.
2.       Memperluas jaringan mitra kerja atau cabang di berbagai kota/ wilayah, dengan membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut berwirausaha dibidang kepariwisataan.
3.       Tetap menjadi perusahaan Tour &Travel dengan pelayanan jasa terbaik dan nomer satu pilihan masyarakat dalam berpariwisata.

Analisis Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran Dengan Karakteristik SMART (Simple, Measurable, Apllicable, Raliable, Timeable)

Visi
Menjadi perusahaan Tour & Travel yang unggul dan terpercaya , yang terdepan baik secara Nasional maupun Internasional dengan selalu memberikan kepuasan layanan dan performa kinerja.

Daya Saing PT. Asindo Global Tour And Travel


Visi
Menjadi perusahaan Tour & Travel yang unggul dan terpercaya , yang terdepan baik secara Nasional maupun Internasional dengan selalu memberikan kepuasan layanan dan performa kinerja.
Analisis SMART
Simple : karena perusahaan ini memiliki visi sederhana tetapi  mudah dipahami oleh semua anggota organisasi.
Measurable :karena perusahaan ini memiliki penjabaran mengenai visi yang jelas dan dapat diukur  untuk memotivasi karyawan.
Apllicable : karena perusahaan ini mampu segera melakukan visinya, salah satunya sebagai perusahaan penyedia layanan jasa yg terdepan.
Reliable : pelayanan jasa yang diberikan berupa sistem online berbasis Web, dimana transaksi penjualan dapat dilakukan secara online dan real time sesuai kebutuhan pelanggan saat ini karena masyarakat sekarang memiliki mobilitas yang tinggi.
Timealble: pencapaian visi perusahaan dalam jangka waktu lama, tidak memliki batasan waktu.
Misi
1.       Memberikan layanan prima kepada seluruh Agen dan cabang sebagai Mitra/ Franchise yang berkualitas dan berstandar tinggi berupa kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan layanan.
2.       Meningkatkan nilai produk yang lebih unggul dan terpercaya serta tanggung jawab terhadap pelayanan pelanggan.
3.       Selalu berinovasi menciptakan hal-hal baru dalam persaingan perkembangan pasar sehingga kebutuhan pelanggan akan selalu terpenuhi.
4.       Membangun bisnis dengan seluruh Agen dan cabang mitra kerja/franchise untuk meraih kesuksesan bersama.
Analisis SMART
Simple : karena perusahaan ini memiliki misi yang sederhana dan mudah dipahami sehingga misi dapat tercapai
Measurable : karena perusahaan ini memiliki perincian mengenai misi yang jelas dan dapat diukur untuk memotivasi karyawan.
Apllicable : karena perusahaan ini mampu segera melakukan misinya. Dengan memberikan pelayanan prima yang berkualitas dan berstandar tinggi, meningkatkan nilai produk yang lebih unggul serta tanggung jawab kepada pelanggan, selalu berinovasi dalam persaingan pasar, dan membangun bisnis dengan Franchise untuk meraih kesuksesan, maka akan tercipta perusahaan dengan penyedia layanan jasa yang terdepan.
Reliable : pelayanan jasa yang diberikan berupa sistem online berbasis Web, dimana transaksi penjualan dapat dilakukan secara online dan real time sesuai kebutuhan pelanggan saat ini karena masyarakat sekarang memiliki mobilitas yang tinggi.
Timeable : pencapaian misi perusahaan dalam jangka waktu dekat, dan memiliki batasan waktu.
Tujuan
1.       Memberikan kepuasan bagi wisatawan yang menggunakan jasa Tour &Travel dengan memperkenalkan obyek pariwisata terdestinasi khususnya di Indonesia.
2.       Mengembangkan perusahaan agar lebih maju sebagai perusahaan jasa Tour & Travel yang berkembang dan memiliki banyak Mitra kerja/cabang di berbagai kota.
3.       Menjadi perusahaan jasa Tour & Travel sebagai pilihan utama dalam setiap perjalanan berpariwisata.
Analisis SMART
Simple: karena perusahaan ini memiliki tujuan yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga tujuan dapat tercapai berdasarkan misi yang telah ditentukan.
Measurable : karena perusahaan ini memiliki tujuan yang jelas dan dapat diukur serta dapat digunakan untuk memotivasi karyawan.
Applicable : karena perusahaan ini mampu seegera mencapai tujuannya. Dengan memberikan kepuasan bagi wisatawan,  melakukan pengembangan perusahaan agar lebih maju dan berkembang, dan menjadi perusahaan penyedia layanan jasa yang utama dan terdepan.
Reliable : pelayanan jasa yang diberikan berupa sistem online berbasis Web, dimana transaksi penjualan dapat dilakukan secara online dan real time sesuai kebutuhan pelanggan saat ini karena masyarakat sekarang memiliki mobilitas yang tinggi.
Timeable : pencapaian tujuan perusahaan dalam jangka waktu dekat, dan memiliki batasan waktu.
Sasaran
1.       Meningkatkan mutu sekaligus menjaga citra perusahaan dengan peningkatan mutu pelayanan, seperti menciptakan ide-ide promosi maupun mengadakan paket wisata menarik agar pelanggan tidak merasa jenuh.
2.       Memperluas jaringan mitra kerja atau membuat cabang di berbagai kota/ wilayah, dengan membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut berwirausaha dibidang kepariwisataan.
3.       Tetap menjadi perusahaan Tour & Travel dengan pelayanan jasa terbaik dan nomer satu pilihan masyarakat dalam berpariwisata.
Analisis SMART
Simple : karena perusahaan ini memiliki sasaran yang sederhana dan dapat dicapai berdasarkan tujuan yang telah ditentukan.
Measurable : karena perusahaan ini memiliki sasaran yang jelas dan dapat diukur serta dapat digunakan untuk memotivasi karyawan.
Apllicable: karena perusahaan ini mampu untuk mencapai sasarannya. Dengan meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga citra perusahaan dengan menciptakan ide-ide, memperluas jaringan mitra kerja atau membuat cabang di berbagai kota/wilayah, serta tetap menjadi perusahaan dengan pelayanan jasa terbaik dan nomer satu.
Reliable : pelayanan jasa yang diberikan berupa sistem online berbasis Web, dimana transaksi penjualan dapat dilakukan secara online dan real time sesuai kebutuhan pelanggan saat ini karena masyarakat sekarang memiliki mobilitas yang tinggi.
Timeable : pencapaian sasaran perusahaan dalam jangka waktu dekat, dan memiliki batasan waktu.

Daya Saing PT. Asindo Global Tour And Travel


1.       Sumber daya yang dimiliki :
a.       Berwujud
·         Memiliki beberapa agen/ cabang outlet.
·         Menyediakan penjualan langsung tiket maskapai untuk domestik maupun internasional, penjualanpaket-paket tour untuk domestik dan internasional baik perseorangan maupun group, penjualan tiket kereta api (KAI), pelayananUmrah/Haji dan lain-lain.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Memiliki teknologi informasi yang modern serta penyesuaian sistem operasional dengan menggunakan sistem online berbasis Web.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
b.      Tak Berwujud
·         Memiliki pelanggan yang loyal
2.       Kumpulan sumber daya yang memiliki keunggulan
·         Memiliki beberapa agen/ cabang outlet.
·         Menyediakan penjualan langsung tiket maskapai untuk domestik maupun internasional, penjualan paket-paket tour untuk domestik dan internasional baik perseorangan maupun group, penjualan tiketkeretaapi (KAI), pelayananUmrah/Haji dan lain-lain.
·         Memiliki teknologi informasi yang modern serta penyesuianan sistem operasional dengan menggunakansistem online berbasis Web.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
3.       Kumpulan sumberdaya yang memilikikeunggulanbersaing
·         Memiliki teknologi informasi yang modern serta penyesuianan sistem operasional dengan menggunakansistem online berbasis Web.
·         Menyediakan penjualan langsung tiket maskapai untuk domestik maupun internasional, penjualanpaket-paket tour untuk domestik dan internasional baik perseorangan maupun group, penjualan tiketkeretaapi (KAI), pelayananUmrah/Haji dan lain-lain.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
4.       Kumpulan sumberdaya yang memilikikeunggulan bersaing yang berkesinambungan
·         Menyediakan penjualan langsung tiket maskapai untuk domestik maupun internasional, penjualanpaket-paket tour untuk domestik dan internasional baik perseorangan maupun group, penjualan tiketkeretaapi (KAI), pelayananUmrah/Haji dan lain-lain.
·         Memiliki teknologi informasi yang modern serta penyesuianan sistem operasional dengan menggunakansistem online berbasis Web.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
5.       Kumpulan sumberdaya yang memilikidayasainglabadiatas rata-rata
·         Menyediakan penjualan langsung tiket maskapai untuk domestik maupun internasional, penjualan paket-paket tour untuk domestik dan internasional baik perseorangan maupun group, penjualan tiketkeretaapi (KAI), pelayananUmrah/Haji dan lain-lain.
·         Memiliki teknologi informasi yang modern serta penyesuianan sistem operasional dengan menggunakansistem online berbasis Web.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.



ANALISIS VALUE CHAIN M. PORTER

ANALISIS IFAS DAN EFAS



Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
 





STRATEGI BISNIS UNIT (DIFERENSIASI)
 


VALUE CHAIN DIFERENSIASI
     Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dengan permintaan para pelanggan. Ada empat tahap :
1.    Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
·      Tingkat kebutuhan akan kepentingan yang berbeda dari para pelanggan.
·      Penyedia layanan berdasarkan tingkat kebutuhan yang berbeda.
·      Dibuat rantai nilai yanng terpisah untuk setiap kelompok pelanggan
1.    Menyediakan layanan pembelian tiket secara online melalui Web, cepat dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
2.    Menyediakan paket liburan atau tiket penerbangan yang menarik dengan harga yang bervariasi.
2.     Identifikasi faktor penentu diferensisasi
Analisis value chain diatas :
                Logistik ke Dalam:
          Perusahaan memerlukan modal awal sebagai pendirian usahanya. Untuk pendirian perusahaan tersebut,  diperlukan perijinan yang diajukan ke dinas perijinana daerah tingkat  II/ setingkat Kabupaten/ Kota. Suatu badan usaha harus merupakan badan hukum yaitu PT (Perseroan Terbatas). Setelah mendapatkan perijianan, perusahaan dapat dengan mudah untuk bekerjasama dengan mitra, agent dan pihak bank yang berhubungan dengan deposit.
                Operasi :
          Di setiap outlet terdapat karyawan yang profesional, untuk membentuk karyawan yang profesional diperlukan adanya pelatihan karyawan misalkan mengadakan kursus bahasa asing terutama bahasa inggris, juga melakukan perhitungan kurs mata uang asing. Ini sebagai upaya untuk menghadapi pelanggan dari luar negeri yang hanya bisa berbahasa asing. Di tiap outlet juga terdapat service customer yang melayani keluhan ataupun membantu pelanggan mengenai daftar harga, bagaimana cara mendapatkan ID, dll.
                Logistik ke Luar :
          PT. Asindo membuka kantor cabang salah satunya berada di kota malang. Untuk memperluas jaringan pemasaran perlu adanya pembukaan outlet baru di berbagai titik kota pusat dan wilayah lainnya. Bagi pelanggan yang tidak terlalu mengerti tentang pemesanan tiket secara online, bisa mendatangi outlet terdekat untuk pemesanan tiket, dan untuk mengetahui apa saja paket tour yang diadakan oleh PT. Asindo.
Pemasaran dan penjualan :
      Dalam pemasarannya, PT. Asindo melakukan promosi. Seperti membuat brosur, pamflet, dan melalui website. Publikasi untuk mengenalkan perusahaan jasa perjalanan serta dengan mengadakan pameran.
Pelayanan :
      Setiap outlet PT. Asindo terdapat karyawan yang profesional. Dengan memberikan kecepatan  pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Semangat kami adalah memberikan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang kami berikan.
1.     Pilih dan tentukan faktor-faktor kunci
·      Jaringan pemasaran PT. Asindo telah dikenal secara merata.
·      Pelayanan yang berkualitas, cepat, dan profesional.
·      Memiliki karyawan yang profesional dan pelanggan yang loyal.
2.       Tempatkan keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan pelanggan. Menciptakan nilai bagi pelanggan meliputi :
1.    Menurunkan biaya
PT. Asindo telah memberikan pelayanan jasa pembelian tiket secara cepat dan berkualitas dengan harga tiket yang terjangkau tetapi tidak mengurangi kualitas yang diberikan.
2.    Memberi produk diferensiasi pada aktivitas pelanggan
PT. Asindo menawarkan paket tour ke berbagai destinasi wisata terbaru yang menarik bagi para pecinta travelling dengan harga yang bervariasi, menyediakan layanan jasa yang terbaik dan terpercaya.

VALUE CHAIN BERBASIS ANGGARAN (BUDGETING)



Standar Operasional Prosedur (SOP)
Penjualan Pt. Asindo Global









Tidak ada komentar:

Posting Komentar